5.11.2018

Tempat Sampah B3

Teman-teman tau tidak, di Pangkalpinang ada taman bermain baru buat kita ajak anak-anak jalan, disini ada restaurant, jogging track, gym mainan, ayunan, jungkat-jungkit, prosotan dan masih banyak lagi. Bhay Park namanya, klo tidak salah yang punya POLDA, letaknya sekitar 7,3km dari pusat kota atau sekitar 16 menit. Bhay Park ini juga dekat dengan bandara.
Eh tapi sebenarnya Saya bukan mau menulis tentang Bhay Park, tapi tentang Tempat Sampah B3 yang jarang kita lihat ya, kita? Saya maksudnya. Biasa kita hanya lihat Tong Sampah Organik dan Non Organik saja. Liburan tanggal merah kemarin kami mengajak anak-anak ke Bhay Park buat main-main,dan kebetulan saya ini suka motoin tempat sampah, maka saya fotolah foto berikut dan saya upload ke media sosial facebook. lha kok temen saya yang biasa bikin desain rumah sakit mampir untuk berkomentar di foto saya, kurang lebih dia bilang, bagus tempat sampahnya ada yang B3. Teman-teman udah pada tau ya apa itu B3? buat yang belum tau B3 itu adalah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). Batu Baterai bekas misalnya.
menurut wikipedia, Bahan Berbahaya dan Beracun atau kerap disingkat B3 adalah zat atau bahan-bahan lain yang dapat membahayakan kesehatan atau kelangsungan hidup manusia, makhluk lain, dan atau lingkungan hidup pada umumnya. Karena sifat-sifatnya itu, bahan berbahaya dan beracun serta limbahnya memerlukan penanganan yang khusus. Peraturan Pemerintah Nomor 101 tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun mendefinisikan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) sebagai zat, energi, dan/atau komponen lain yang karena sifat, konsentrasi, dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan dan/atau merusak lingkungan hidup, dan/atau membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, serta kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lain. Bahan-bahan tersebut selanjutnya dapat diklasifikasikan dalam kelompok-kelompok bahan sesuai sifatnya, untuk lebih lengkapnya silahkan klik disini atau silahkan browsing, banyak artilkel yang bahas tentang limbah B3 dengan sangat lengkap. _ipoet|^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar