5.11.2018

Tempat Sampah B3

Teman-teman tau tidak, di Pangkalpinang ada taman bermain baru buat kita ajak anak-anak jalan, disini ada restaurant, jogging track, gym mainan, ayunan, jungkat-jungkit, prosotan dan masih banyak lagi. Bhay Park namanya, klo tidak salah yang punya POLDA, letaknya sekitar 7,3km dari pusat kota atau sekitar 16 menit. Bhay Park ini juga dekat dengan bandara.
Eh tapi sebenarnya Saya bukan mau menulis tentang Bhay Park, tapi tentang Tempat Sampah B3 yang jarang kita lihat ya, kita? Saya maksudnya. Biasa kita hanya lihat Tong Sampah Organik dan Non Organik saja. Liburan tanggal merah kemarin kami mengajak anak-anak ke Bhay Park buat main-main,dan kebetulan saya ini suka motoin tempat sampah, maka saya fotolah foto berikut dan saya upload ke media sosial facebook. lha kok temen saya yang biasa bikin desain rumah sakit mampir untuk berkomentar di foto saya, kurang lebih dia bilang, bagus tempat sampahnya ada yang B3. Teman-teman udah pada tau ya apa itu B3? buat yang belum tau B3 itu adalah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). Batu Baterai bekas misalnya.
menurut wikipedia, Bahan Berbahaya dan Beracun atau kerap disingkat B3 adalah zat atau bahan-bahan lain yang dapat membahayakan kesehatan atau kelangsungan hidup manusia, makhluk lain, dan atau lingkungan hidup pada umumnya. Karena sifat-sifatnya itu, bahan berbahaya dan beracun serta limbahnya memerlukan penanganan yang khusus. Peraturan Pemerintah Nomor 101 tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun mendefinisikan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) sebagai zat, energi, dan/atau komponen lain yang karena sifat, konsentrasi, dan/atau jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencemarkan dan/atau merusak lingkungan hidup, dan/atau membahayakan lingkungan hidup, kesehatan, serta kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lain. Bahan-bahan tersebut selanjutnya dapat diklasifikasikan dalam kelompok-kelompok bahan sesuai sifatnya, untuk lebih lengkapnya silahkan klik disini atau silahkan browsing, banyak artilkel yang bahas tentang limbah B3 dengan sangat lengkap. _ipoet|^^

1.09.2017

Hemat Air please...

Sore tadi setelah hujan deras saya baru sempat membersihkan baju anak saya sisa sekolah hari ini, katanya habis mandi lumpur ( dibaca : mandi hujan dan berenang di lumpur, seperti yang pernah terjadi sebelumnya ) disekolah...
Dan saya gak boleh marah (noted !)
Kan dulu saya yang pilih sekolahnya hahahaha...
Eh, ini udah kedua kalinya seperti ini, bahkan celana dalam dan kaos dalam warna putih jadi krem kecoklatan.... Itu baju dalam ya... Baju luar jangan dibahas, bakalan lama nyikatnya hehehe...
Dan pernah dapat cerita dari Bunda temennya disekolah malah pernah dibuang aja daleman anaknya... Udah gak layak cuci sepertinya hahaha
Oke, abaikan...
Intinya begini, ehm... Begini nih... Pas saya lagi nyikatin baju sebelum masuk mesin cuci saya pake air langsung dari kran biar tu air yang warnanya kayak susu langsung bersih... (Setting nya di teras belakang rumah ya -- gak penting hahaha) Anak saya lewat, trus berhenti di pintu, trus ngliatin, trus ngomong : "Bunda, airnya jangan langsung dari kran air, taruh ember dulu airnya, biar hemat"
Oh, oke... Lain kali ya...
"Lain kali pakai ember ya" kata dia lagi...
Begitulah anak-anak... Makin Pinter ngoreksi saya hahaha...

Happy Monday 😊

11.04.2011

menjelang Qurban

fadhil : mba wal gak beli kambing apa sapi?
mba wal : enggak dek, buat apa?
fadhil : ya buat qurban mba
mba wal : sebenernya mba wal pengen berbagi tapi mba wal gak punya uang
fadhil : dosa lho mbak klo gak beli kambing
ya udah nanti tak beliin, tapi kan mba wal hari minggu pulang...
berarti gak jadi tak beliin
(fadhil lari ke kamar) : pah sebenernya mba wal pengen beli kambing tapi
gak punya uang, papah beliin ya?
papah : ya nanti mba wal dikasih dagingnya aja
fadhil : mba, kata papah nanti mba wal dikasih dagingnya

*fadhil (anak kelas I SD)

3.27.2011

that's all i've done !
minggu yang berat...
sebenernya dari pagi udah ngantuk,
ditambah sedikit sembab, jadi tambah berat...
tapi ini harus dikerjakan
ruang atas sedikit bersih (barusan)
bed dikamar tersisa space untuk satu orang...
(lumayanlah buat tidur pagi ini)
hoahem...
saatnya bercerita padaNya yang masih memberikan detak jantung ini...

3.16.2011

kembali pulang

sungguh bahagia kami tidak terkira
terlalu panjang penantian kami dan mereka
impian tanpa keyakinan tidak pernah akan terwujud
kita tidak pernah tau rencana sang takdir...
tawanya, candanya...
ingin kusekedar berbagi kebahagiaan ini
tapi kenapa kau tak kunjung hadir
sudahlah, biar kusimpan bahagia ini
kusimpan bersama secontong ice cream dan jeruk ini

semarang | 16 maret 2011

3.12.2011

rindu[ku]

keadaan seperti ini yang selalu membuatku harus mengingat semua...
tidurnya,
bicaranya,
marahnya,
senyumnya,
pergerakan tangan dan kakinya,
kedipan matanya,
bahkan hembusan nafasnya...

rindu suaranya...

3.02.2011

pagi...

pagi itu saya kekantor tanpa motor
bapak mengantar saya
sore itu saya menyesal mendengar kabar diujung telpon
padahal itu terjadi 9 jam sebelumnya...
dan hari ini saya tidak sanggup melihat luka yang mulai mengering itu
saya gemetar melihat lukanya

[i]poet|^^

12.22.2010

mothers day


http://www.facebook.com/note.php?note_id=195253753238
kue di hari ibu, ini sebenernya kebiasaan kakak perempuan Saya, beberapa tahun yang lalu dia selalu memberikan kue di Hari Ibu, sampai akhirnya Dia harus mengikuti suaminya di negeri seberang, dan kebiasaan itu jadi kebiasaan Saya dan adik laki-laki saya, beberapa tahun terakhir, dan ternyata tahun ini Saya tertinggal sendiri dan sore tadi Saya ke toko kue sendiri, tanpa Adik saya yang sekarang berada di pulau seberang.
tiap tahun, tiap bulan, tiap minggu, bahkan tiap hari banyak hal-hal aneh, lucu, senang bahkan sedih, yang sekarang hanya Saya saja yang menikmatinya.


Ibu,
selamat hari Ibu, sehat selalu dan tetap doakan Saya.
Bapak,
yang sabar ya pak, pada kami juga pada Ibu.

I love you mom and dad...

[i]poet|^^

12.20.2010

I apologize

bukan hal baru ketika kita dikecewakan oleh pikiran-pikiran kita, rencana-rencana kita yang tertunda atau bahkan tidak terlaksana sama sekali...
Saya mungkin bukan alasan yang tepat untuk menahan seseorang agar melewatkan sebagian waktunya bersama Saya, Saya sadar mereka mempunyai keinginan sendiri atau bahkan berbeda dengan keinginan Saya. kecewa? iya. ikhlas? susah, Saya pernah sangat kecewa ketika waktunya bukan untuk Saya... aargh... jadi tambah ga ikhlas... dan pernah Saya katakan, Saya tidak bisa bila harus memaksanya... remember that?...
: tidak bisa tidur :

[i]poet| tidakberkediptakutnetes

10.27.2010

life must go on

Saya, iya... Saya yang masih berdiri disini bersama mereka...
beban? seharusnya saya bilang tidak, dan memang tidak sepantasnya Saya bilang itu semua beban...
beban mereka sebelumnya jelas lebih berat dari Saya
menghela nafas... bukan berarti mengeluh atas beban, menghela untuk sekedar mengambil nafas kembali untuk melanjutkan kewajiban...
Saya bukan anak yang luar biasa,
Saya pernah membuat mereka meneteskan air mata...
dan saya pun pernah meneteskan air mata untuk mereka...
Semoga Saya diberi kemudahan untuk membahagiakan mereka...
Saya hanya seorang anak yang ingin membuat mereka tidak terbebani dihari tuanya
Saya hanyalah satu dari begitu banyak anak yang ingin berbakti kepada mereka...
terimakasih atas kesempatan itu ya Allah.
Berilah Saya kekuatan untuk tetap berikhtiar, bertawakal dan ikhlas.
Semangat !

::ditemani hujan dan The Corrs | At your side::
http://www.sing365.com/music/lyric.nsf/At-Your-Side-lyrics-The-Corrs/33DD87CB904039EC482569310012AF19

[i]poet|^^